Breaking News

Tanya Dokter Hamil Tentang Bagaimana Cara Alami Mengatasi Mual dan Muntah Pada Trimester Pertama Kehamilan


Tanya Dokter Hamil Tentang Bagaimana Cara Alami Mengatasi Mual dan Muntah Pada Trimester Pertama Kehamilan - Trimester pertama kehamilan memang menjadi masa yang cukup berat bagi wanita, karena nantinya akan ada banyak sekali gejala-gejala yang dirasakan. Apalagi jika seandainya ini adalah kehamilan pertama, tentunya banyak yang masih belum tau cara mengatasi kondisi tersebut, seperti yang sering terjadi adalah mual dan juga muntah yang kerap kali dialami oleh bumil. Tanya dokter hamil cara untuk mengatasinya dengan aman.



Memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya kebanyakan diantara wanita yang hamil dan masuk ke trimester pertama biasanya akan mengalami kondisi semacam ini, yaitu mual dan muntah bahkan hanya karena mencium aroma menyengat sedikit saja, indera penciuman mereka menjadi lebih sensitif. 

Tak jarang bahkan diantaranya yang tidak nafsu makan, karena setiap makanan yang dikonsumsi dimuntahkan kembali. Hanya saja bagaimanapun juga harus ingat kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Karena ia membutuhkan asupan nutrisi yang cukup untuk bisa tumbuh dan juga berkembang secara normal.

Tetap ada beberapa langkah aman yang dapat dilakukan oleh bumil untuk mengatasi rasa mual dan juga muntah pada trimester pertama kehamilan tersebut, diantaranya adalah:

1. Sering-sering mencium aroma wewangian, rasa mual dan juga muntah yang dialami oleh wanita hamil sebenarnya bukan tanpa sebab, melainkan karena indera penciuman yang menjadi lebih sensitif jika dibandingkan dengan biasanya. untuk itu cobalah untuk memperbanyak menghirup aroma wewangian, seperti diantaranya adalah aroma bunga, kemudian juga aroma buah yang segar, karena ternyata wewangian semacam ini juga terbukti begitu efektif untuk menghilangkan mual tersebut, membuat Anda menjadi lebih segar kembali.

2. Minum lebih banyak air putih, ada baiknya untuk mencukupi kebutuhan cairan agar tubuh tetap terhidrasi. Ketika tubuh Anda cukup cairan, maka nantinya dapat menjaga suhu tubuh dengan baik, efeknya juga sangatlah bagus di dalam mengatasi rasa mual hingga muntah tersebut. Selain itu karena lebih sering muntah terkadang banyak varian yang dikeluarkan oleh tubuh, sehingga harus minum lebih banyak air agar tidak mengalami dehidrasi, paling tidak antara 10 sampai dengan 12 gelas air setiap hari.

3. Makanlah dalam porsi kecil namun sering, dibandingkan dengan mengonsumsi makanan langsung dalam jumlah yang besar hal ini justru akan membebani kinerja pencernaan, sehingga menyebabkan mual. Lebih dianjurkan bagi Anda untuk mengonsumsi makanan dalam porsi yang kecil, namun dilakukan lebih sering dibandingkan dengan sebelumnya. Ini efektif untuk mencegah rasa mual dan muntah.

4. Perbanyak konsumsi buah, cara efektif lainnya yang dapat membantu untuk mengurangi rasa mual Anda adalah dengan mengonsumsi makanan yang segar, seperti diantaranya adalah buah-buahan. Karena bisa mengatasi rasa mual, pilih buah yang segar dan kaya akan kandungan air seperti diantaranya adalah apel dan juga buah pir.

5. Mengonsumsi sari jahe atau permen jahe, ada banyak sekali khasiat jahe yang bisa Anda rasakan, salah satu diantaranya adalah dapat mengurangi rasa mual. Anda bisa menggunakannya dengan cara membuat air sari jahe ataupun yang paling praktis adalah konsumsi permen jahe, karena memang banyak dijual di pasaran.

Tanya dokter hamil jika seandainya kondisi mual dan juga muntah yang Anda alami tersebut terbilang parah, bahkan sampai tidak bisa mengonsumsi makanan sama sekali. Konsultasi lebih mudah karena dapat dilakukan secara online, diantaranya adalah dengan menggunakan aplikasi Halodoc, konsultasi langsung ke ahlinya secara gratis.

No comments