Breaking News

Khawatir dengan BAB Si Kecil? Ini Dia Frekuensi BAB Bayi Normal


Khawatir dengan BAB Si Kecil? Ini Dia Frekuensi BAB Bayi Normal - Mommy panik dan begitu khawatir karena si bayi belum juga pup atau buang air besar? Sebagai ibu baru, seringkali para ibu ibu lain juga mengalami hal yang sama loh seperti mommy. Karena pada orang dewasa, frekuensi BAB normal adalah sehari sekali. Namun apakah bayi juga memiliki frekuensi yang demikian?

Padahal sebenarnya, frekuensi BAB masing masing bayi berbeda juga loh. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor nih mom. Misalnya saja seperti asupan nutrisi, perkembangan, usia, penyakit atau gangguan pada bayi, dan sebagainya. Lalu bagaimanakah frekuensi BAB bayi sehat yang normal? Yuk simak penjelasannya pada uraian di bawah ini!


Frekuensi BAB Bayi Sehat yang Normal

Frekuensi BAB pada masing masing bayi memang tidak sama loh mom. Jadi jangan khawatir dulu jika bayi terkadang jarang BAB atau justru malah terlalu sering. Karena pada bayi sehat, kondisi organ pencernaan tentu makin berkembang seiring bertambahnya usia. Nah, frekuensi BAB yang normal pada bayi, adalah sebagai berikut :

1.        Bayi Baru Lahir

Normalnya nih mom, pada bayi baru lahir yang mengonsumsi ASI akan BAB 4 - 12 kali dalam satu hari. Sementara pada bayi yang mengonsumsi sufor atau susu formula, frekuensi BAB nya bisa 3 - 4 kali dalam satu hari. Frekuensi ini bisa saja berubah sesuai dengan makin bertambahnya usia bayi.

2.        Bayi Usia Sekitar 4 Bulanan

Nah, di usia bayi kisaran 4 bulan, tentu saja frekuensi BAB nya akan semakin berkurang. Di usia ini, biasanya bayi akan BAB hingga 2 kali sehari bahkan lebih. Tentu saja frekuensi ini tidak bisa disamakan pada setiap bayi. Terkadang frekuensinya bisa berkurang atau justru lebih sering. Yang terpenting adalah kondisi bayi mommy tetap sehat, mau minum, serta bayi tidak lemas.

3.        Usia 6 - 12 bulan

Di usia ini mommy tentu sudah mulai memperkenalkan MPASI atau Makanan Pendamping Air Susu Ibu pada bayi. Dengan diberikannya makanan bertekstur padat, tentu konsistensi dan frekuensi BAB nya juga akan berubah. Pada usia 6 - 12 ini frekuensi BAB nya bisa 2 - 4 kali dalam sehari.

Semakin asupan padat bayi bertambah, tentu frekuensinya akan makin menurun. Sebenarnya frekuensi BAB ini tidaklah terlalu penting, asal konsistensi, warna, serta bau feses bayi normal. Mommy juga perlu memperhatikan usaha mengejan bayi saat BAB. Karena meski frekuensi BAB normal tapi jika konsistensinya padat dan bayi tampak kesakitan saat mengejan, berarti kondisi pencernaan bayi sedang bermasalah.

Nah, demikianlah tadi frekuensi BAB bayi normal yang perlu mommy perhatikan. Selain frekuensi, tentu mommy juga harus selalu memperhatikan konsistensi, bau, serta warnanya loh. Sehat selalu ya mom buat si kecil!

No comments